Nama Bayi Laki Laki Berdasarkan Artinya

849 Nama Bayi Laki Laki Yang Artinya Raja

Nama Anak Lelaki Yang Artinya Raja

651. Alfred (Sejarah) Artinya Nama dari Inggris Kuno yang berasal dari kata ælf ‘peri, mahluk supernatural’ + ræd ‘penasehat’. Banyak digunakan karena terkenalnya Alfred yang Agung (849-899), Raja Wessex
652. Amadeus (Sejarah) Artinya Nama Latin di abad pertengahan yang bermakna ‘kasih Tuhan’, kemungkinan merupakan kata serapan dari Yunani Theophilos. Nama ini adalah nama tradisional di rumah kerajaan Savoy; pembawa nama ini adalah Amadeus IX yang Diberkati, Bangsawan Savoy (1435-72).
653. Amnon (Sejarah) Artinya Sebagian besar nama orang Yahudi; terdapat dalam alkitab (Artinya ‘setia’ dalam bahasa Yahudi), dipopulerkan oleh putra dari Raja David, yang memperkosa dan membuang saudara tirinya Tamar dan dibunuh oleh kakak laki-lakinya sendiri, Absolom.
654. Arthur (Sejarah) Artinya Berasal dari Celtic. Raja Arthur adalah seorang raja Inggris pada abad 5 atau 6. Dia berkuasa di Inggris setelah kehancuran Kerajaan Romawi dan sebelum datangnya bangsa Jerman. Nama ini pertama kali dipakai di Latin Artorius; dari etimologi yang belum jel
655. Asa (Sejarah) Artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan salah satu nama raja Judah terdahulu, yang berkuasa selama 40 tahun, seperti yang tercatat dalam 1 Kings dan 2 Chronicles. Nama itu berasal dari nama tengah yang berarti ‘dokter, penyembuh’ dalam bahasa Yahudi,
656. Augustus (Sejarah) Artinya Nama Latin dari kata agustus ‘besar, terkemuka, hebat’ (dari augere ‘meningkatkan’). Kata ini digunakan sebagai gelar untuk para raja Romawi, dimulai dengan Octavian (Gaius Julius Caesar Octavianus), anak adopsi dari Julius Caesar, yaitu pada tahun 27 SM
657. Baldwin (Sejarah) Artinya Dari nama orang Perancis yang berasal dari Jerman yang berarti ‘berani’. Merupakan nama pejuang perang salib dari normandia yaitu Baldwin dari Boulogne yang pada tahun 1100 terpilih menjadi raja pertama di Jeru salem.
658. Bill (Sejarah) Artinya Pengubahan bentuk singkat dari William, tidak dipakai sebelum abad ke 19. Nama panggilan William of Orange yaitu “Raja Billy” adalah contoh awal dari Irlandia yang terpengaruh pemakaian kata-kata Inggris.
659. Boris (Sejarah) Artinya Berasal dari nama panggilan Bogoris dari Tartar yang berarti “kecil”. Nama ini dibawa oleh penguasa dari Bulgaria pada abad ke 9 yang mengubah kerajaannya menjadi kerajaan kristen.
660. Bruce (Sejarah) Artinya Diambil dari nama keluarga di Skotlandia,sekarang dipakai sebagai nama pemberian di seluruh negara berbahasa Inggris. Keluarga Bruce berpengaruh pada peristiwa Skotlandia di awal masa pertengahan,anggota keluarga yang terkenal adalah Robert ”the Bruce” (
661. Caspar (Sejarah) Artinya Bentuk Belanda dari Jasper. Menurut legenda,ini adalah nama salah satu Tiga Raja Dari Timur yang membawa hadiah untuk Yesus.
662. Charles (Sejarah) Artinya Dari Bahasa Jerman ‘Kar’l yang berarti orang bebas. Nama Charles dipilih oleh Ratu Mary dari Skotlandia (1542-87), yang dibawa dari Prancis untuk anaknya Charles James yang nantinya akan menjadi Raja James VI di Skotlandia.
663. Cyril (Sejarah) Artinya Dari nama Yunani semi kuno Kyrillos,kata jadian dari kyrios “raja”. Dibawa oleh beberapa santo, khususnya ahli ilmu agama Cyril dari Alexandria dan Cyril dari Jerusalem.
664. Cyrus (Sejarah) Artinya Dari bentuk Yunani (Kyros) dari nama berbagai raja dari Persia,lebih khususnya adalah Cyrus yang Agung (d.529 BC). Asal dari nama ini tidak diketahui,tapi pada awal masehi dihubungkan dengan kosakata Yunani Kyrios “raja”.
665. Daniel (Sejarah) Artinya Nama dalam alkitab berarti “Tuhan adalah hakimku”,dibawa oleh salah seorang nabi yang kisahnya diceritakan dalam buku dari Daniel. Ia adalah budak Israel dari raja Assyrian Nebuchadnezzar.
666. David (Sejarah) Artinya Nama dari alkitab, dibawa oleh raja Israel yang terhebat sepanjang masa. Sebagai anak kecil ia membunuh raksasa Philistine Goliath dengan ketapelnya. Sebagai raja dari Judah dan kemudian Israel, ia mengerahkan seluruh kekuatan kaum Israel dan mendirikan ke
667. Delroy (Sejarah) Artinya Rupanya pengubahan bentuk dari Leroy,mungkin menunjukkan ungkapan Prancis kUno Del roy ‘pelayan raja’.
668. Dominic (Sejarah) Artinya Dari nama Latin Dominicus, kata jadian dari Dominus “Raja”. Dipakai sebagian besar oleh umat Katolik Roma,untuk menghormati Santo Dominic (1170-1221)
669. Edgar (Sejarah) Artinya Dari nama Inggris kuno berasal dari ead ‘kemakmuran, kaya’ + gar ‘tombak’. Ini adalah nama dari Raja Inggris dan snto, Edgar yang tenang dan Edgar Atheling ( pangeran muda yang terpilih oleh Inggris untuk menggantikan Harold sebagai raja pada tahun 1066.
670. Edward (Sejarah) Artinya Dari nama Inggris kuno berasal dari ead ‘kemakmuran, kaya’ + weard ‘penjaga’. Ini adalah salah satu nama yang paling sukses dari semua nama Inggris kuno. Pembawa nama ini yang paling berpengaruh adalah Raja Edward (1002-66).
671. Egbert (Sejarah) Artinya Dari nama Inggris kuno berasal dari ecg ‘tepian pedang’ + beorht ‘terang, terkenal’. Nama ini dibawa oleh dua santo dari Inggris pada abad 8 dan 9 raja Wessex.
672. Ehud (Sejarah) Artinya Mungkin berarti ‘senang, simpati’ dalam Yahudi. Dibawa oleh Benjaminite yang menyelamatkan kaum Israel dari tikaman Raja Eglon (Judges 3: 15-26)
673. Ferdinand (Sejarah) Artinya Dari nama Spanyol, aslinya adalah Ferdinando dari Jerman, berasal dari farð ‘petualangan’ + nand ‘bersiap-siap’. Ini adalah nama tradisional dalam keluarga kerajaan Spanyol.
674. Godwin (Sejarah) Artinya Dari nama pribadi Inggris kuno Godwine, berasal dari god ‘tuhan’ + wine ‘teman’. Dibawa oleh pangeran dari Wessex pada abad 11, orang paling penting di Inggris setelah raja
675. Hal (Sejarah) Artinya Bentuk singkat dari Harry, dari abad pertengahan. Dipakai oleh Shakespeare dalam King Henry IV sebagai nama dari anak Raja, kelak menjadi Henry V.
676. Hannibal (Sejarah) Artinya Nama dari Jenderal Carthaginian Hannibal Barca, yang memimpin tentara dari Spanyol melewati Alpen dan menuju Italia untuk menyerang Romawi. Nama ini merupakan gabungan dari hann (anggun) + nama dari dewa Baal ‘raja’. Ini juga terkenal oleh karakter dari H
677. Hercules (Sejarah) Artinya Bentuk latin dari nama pahlawan dalam mitologi Yunani, Herakles, arti namanya adalah ‘kemenangan dari Hera’. Ia adalah anak dari Zeus, raja dari para dewa, oleh Alcmene, wanita raksasa.
678. Hiram (Sejarah) Artinya Nama kitab, dibawa oleh raja dari Tyre yang terdapat pada kitab sebagai penyalur kayu, perajin dan uang untuk memudahkan David dan Solomon membangun berbagai bangunan.
679. Hrothgar (Sejarah) Artinya Bentuk Inggris kuno dari Roger. Nama ini dibawa oleh penyair narasi Inggris Kuno Beowulf oleh raja Denmark yang menderita karena ancaman dari monster Grendel selama 12 tahun.
680. Ira (Sejarah) Artinya Nama dalam alkitab yang berarti ‘waspada’ dalam bahasa Hebrew, merupakan karakter yang ada dalam alkitab, yaitu seorang kepala perwira dari Raja David. Nama ini dipopulerkan oleh Ira Gershwin (1896-1983), penyair di Amerika.
681. Jasper (Sejarah) Artinya Bentuk Inggris biasa dari nama penugasan dalam dongeng Kristen, salah satu tiga raja dari timur yang membawa hadiah untuk bayi kristus atas kelahirannya
682. Jesse (Sejarah) Artinya Berarti ‘hadiah’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan ayah dari Raja David. Dipopulerkan oleh atlet Amerika, Jesse Owens (1913-80)
683. Joachim (Sejarah) Artinya Nama dalam alkitab, mungkin dari nama Yahudi Johoiachin yang berarti ‘didirikan oleh Tuhan’. Nama ini dibawa oleh Raja dari Judah yang dikalahkan oleh Nebuchadnezzar dan dibawa ke tempat pengasingan di Babylonia.
684. Keith (Sejarah) Artinya Nama Skotlandia yang berasal dari bahasa Celtic yang berarti ‘kayu’. Merupakan nama yang dipakai kerajaan dan bangsawan di Skotlandia
685. Kennard (Sejarah) Artinya Berasal dari nama Inggris pertengahan yang tersusun dari kata céne ‘tajam’ atau cyne ‘kerajaan’ + weard ‘penjaga’ atau heard ‘tabah, berani, kuat’
686. King (Sejarah) Artinya Diambil dari kata yang menunjukkan raja laki-laki, banyak dipakai di Amerika. Tadinya merupakan nama julukan untuk orang yang bekerja di kerajaan. Populer oleh pemimpin hak sipil, Martin Luther King (1929-68)
687. Kynaston (Sejarah) Artinya Berasal dari abad pertengahan, yaitu nama untuk sebuah tempat di Hereford dan Shropshire, dari bahasa Inggris Kuno Cynefriþest?n ‘pemukiman Cynefriþ’, nama untuk laki-laki yang tersusun dari kata cyne ‘raja’ + friþ ‘damai’
688. Lancelot (Sejarah) Artinya Merupakan nama dari ksatria yang terbaik dan sangat berharga dari Raja Arthur , yang menghianatinya dengan menjadi kekasih dari Ratu Guinevere. Merupaka nama yang berasal dari Celtic.
689. Lemuel (Sejarah) Artinya Berarti ‘taat kepada Tuhan’ dalam bahasa Yahudi. Terdapat dalam alkitab oleh seorang raja yang dinasehati oleh ibunya tentang bahayanya minuman yang kuat dan akan kebaikan dan kepatuhan istrinya.
690. Leopold (Sejarah) Artinya Nama Perancis Kuno dari bahasa Jerman (Frankish) liut ‘manusia’ + bold ‘berani, tegas’. Elemen pertama juga dihubungkan dengan kata latin leo ‘singa’. Dipopulerkan oleh Raja Leopold, Belgia (1790-1865)
691. Lindsay (Sejarah) Artinya Nama Skotlandia yang dipopulerkan oleh Sir Walter de Lindesay, salah satu pelayan dari Raja David, Skotlandia (1084-1153). Nama ini berarti ‘pulau’ dalam bahasa Inggris Kuno
692. Magnus (Sejarah) Artinya Nama Latin yang berarti ‘agung’. Pertama kali diuraikan dari nama Charlemagne (atau Carolus Magnus ‘Charles yang Agung’). Dipopulerkan oleh raja-raja Norwegia, seperti Magnus I (1024-47), yang dikenal sebagai Magnus yang Baik, dan Magnus VI (1238-80), yan
693. Manfred (Sejarah) Artinya Dari nama Jerman Kuno, yang tersusun dari man ‘laki-laki’ + fred, frid ‘damai’. Atau juga dari kata magin ‘kekuatan’ (dari nama Normandia Mainfred). Dipopulerkan oleh raja terakhir Hohenstaufen di Sicily (1258-66)
694. Melchior (Sejarah) Artinya Dari nama tradisi di abad pertengahan sebagai salah satu dari nama tiga Magi. Berasal dari Persia, tersusun dari elemen melk ‘raja’ + quart ‘kota’
695. Melek (Sejarah) Artinya Nama Yahudi: dari bahasa Yahudi yang berarti ‘raja’
696. Montague (Sejarah) Artinya Nama dari periode kebangsawanan Normandia, yaitu seorang tuan/raja Montaigu di La Manche. Nama tempat ini berasal dari bahasa Perancis kuno mont ‘bukit’ + aigu ‘ujung’.
697. Morgan (Sejarah) Artinya Bentuk Inggris dari nama Wales, Morcant ‘lingkaran; penyelesaian’. Merupakan nama saudari tiri Raja Arthur yang cemburu, Morgan le Fay.
698. Oded (Sejarah) Artinya Nama Yahudi: yang berarti ‘penegak, pendorong’. Terdapat dalam alkitab, yaitu seorang nabi yang membujuk para Israel untuk membebaskan tahanan yang mereka bawa dari kerajaan Judah
699. Olaf (Sejarah) Artinya Nama Skandinavia: dari nama personal Norwegia kuno yang tersusun dari kata anu ‘leluhur’ + leifr ‘pewaris, keturunan’. Dipopulerkan oleh St Olaf, Raja Norwegia (995-1030) yang menyebarkan ajaran Kristen di kerajaannya
700. Omri (Sejarah) Artinya Nama Yahudi: berasal dari elemen yang berarti ‘butiran padi’. Nama dari alkitab yaitu seorang raja Israel yang membangun kota Samaria.

Nama Bayi Laki Laki Yang Artinya Raja hlm ke 14

To top