Nama Bayi Laki Laki Asal Bahasa Dan Artinya

1592 Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan

1592 Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan – Mencari nama anak dari bahasa Sejarah untuk anak laki laki ? Disini tempatnya, ada 1592 Nama Bayi laki laki Sejarah beserta arti namanya.

Banyak loh nama bayi dari bahasa Sejarah yang mempunyai arti yang bagus dan juga mudah untuk diucapkan. Hal ini tentunya sangat baik untuk penamaan calon anak laki-laki buah hati tercinta. Koleksi lengkap Nama Anak laki laki dari Sejarah ini bisa anda pergunakan untuk nama depan, belakang, atau nama tengah bayi lelaki Anda. Tidak sedikit dari daftar nama anak Laki laki Sejarah ini yang keren, modern dan unik dengan arti yg bagus.

Tidak usah bingung memilih nama anak. Anda tinggal menyiapkan pulpen dan kertas, lalu memilih arti nama, dan nama bayi yang terdengar indah ketika diucapkan serta tidak sulit dalam penulisan ejaannya. Anda juga bisa melihat koleksi nama nama bayi dari artikel saya yang lain untuk menciptakan rangkaian nama bayi laki laki yang bagus, yang mungkin terdiri dari rangkaian 2 kata, atau terdiri dari rangkaian 3 kata.

Semoga pilihan nama bayi laki-laki Sejarah terbaik untuk calon bayi yg Anda pilih bisa menjadi berkat, barokah dan juga menjadi simbol dari harapan orang tua bagi si calon buah hati dimasa depannya kelak.

1592 Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan

1592 Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan

1. Aaron ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama saudara laki-laki Moses, yang ditunjuk Tuhan untuk menjadi juru bicara Moses dan menjadi Pendeta tertinggi Israel. Asal mulanya yaitu dari bahasa Yahudi haron ‘gunung kekuatan’ yang tidak lebih daripada se (Aron, Arron, Arun)
2. Abdul ((Sejarah) artinya Nama Arab: bentuk pendek dari Abdullah
3. Abdullah ((Sejarah) artinya Nama Arab yang berarti ‘pelayan Allah’
4. Abe ((Sejarah) artinya Nama Yahudi, yaitu bentuk pendek dari Abraham atau nama bahasa Yiddi yang merupakan gabungan dua silabel dari bahasa Aramean abba ‘ayah’, yang digunakan sebagai nama perorangan pada masa Talmud
5. Abel ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama anak terakhir Adam dan Hawa, yang terbunuh oleh kakaknya sendiri, Cain karena cemburu. Bentuk Yahudinya yaitu hevel ‘nafas, uap’
6. Abner ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), yang berarti ‘ayah dari cahaya’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan sanak famili dari Raja Saul, yang memimpin pasukan Saul.
7. Abraham ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama kepala keluraga pertama para Yahudi, yang telah membuat perjanjian dengan Tuhan bahwa keturunannya akan memiliki negeri Canaan. Dalam Kejadian 17;5 dijelaskan sebagai ‘ayah dari banyak orang (negara)’ (Bentuk Yahudi: Avraham, Avrom)
8. Abram ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), bentuk lain dari Abraham. Kemungkinan merupakan nama khusus (yang berarti ‘ayah tertinggi’ dalam bahasa Yahudi)
9. Absalom ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), kemungkinan berarti ‘ayah kedamaian’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan putra ketiga dari Raja David, yang membuat ayahnya sangat sedih karena memberontak dan akhirnya dibunuh ketika dia tertangkap oleh “rambut” di sebuah po
10. Ace ((Sejarah) artinya Merupakan sebuah nama panggilan, yang saat ini sering digunakan sebagai nama perseorangan, khususnya di Amerika. Artinya adalah ‘nomor satu’.
11. Achilles ((Sejarah) artinya Nama dari mitologi Yunani. Achilles adalah putra dari seorang peri laut, Thetis dan Peleus yang abadi. Dia adalah manusia yang kebal terhadap apapun kecuali di bagian tumitnya, dan dia adalah pemimpin pasukan Yunani dalam penyerangan terhadap Troy.
12. Adam ((Sejarah) artinya Dalam alkitab, merupakan manusia pertama di bumi. Kemungkinan berasal dari bahasa Yahudi adama ‘bumi’ (Adhamh, Adan, adao, Adamo, Aatami)
13. Addison ((Sejarah) artinya Pengalihan dari nama keluarga, yang sebenarnya nama turunan dari nama sang ayah yaitu Addie atau Adie,nama populer abad pertengahan (dan kadang dipakai di abad modern) merupakan bentuk kesayangan dari Adam.
14. Adibawa ((Sejarah) artinya Nama kota di Nigeria
15. Adil ((Sejarah) artinya Nama Arab yang berarti ‘adil’
16. Adina ((Sejarah) artinya Banyak dipakai kaum Yahudi: dalam alkitab merupakan nama laki-laki, berasal dari bahasa Yahudi adin ‘ramping’. Populer oleh seorang prajurit, laskar dari Raja David. Sekarang umumnya digunakan sebagai nama wanita, dengan tambahan akhiran -a.
17. Adlai ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan nama seorang tokoh minor, ayah dari salah satu Raja David. Nama dari bentuk Aramaic, yang berasal dari nama Yahudi Adaliah ‘Tuhan itu adil’, dan salah satu dari sekian banyak nama minoritas dalam Alkitab.
18. Adolph ((Sejarah) artinya Pelafalan umum dari nama Jerman, Adolf, yang pertama kali dibawa oleh orang Normandia ke Britania, menggantikan nama Inggris kuno yang hampir sama bunyinya Æthelwulf (‘bangsawan’+’serigala’). (Adolphus)
19. Adrian ((Sejarah) artinya Bentuk umum Inggris dari nama Latin Hadrianus ‘laki-laki dari Hadria’. Hadria adalah sebuah kota di bagian utara Italia, dan nama tersebut diberikan untuk Lautan Adriatic.
20. Aeneas ((Sejarah) artinya Nama Latin, nama seorang pahlawan Virgil, Aeneid, pangeran Trojan yang berlayar dari Troy setelah dihancurkan oleh Yunani, dan setelah melalui beberapa petualangan, menetap di Latium (Italia), menjadi nenek moyang dari orang Romania. Nama ini muncul dalam
21. Aharon ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: bentuk modern nama Yahudi dari Aaron
22. Ahmed ((Sejarah) artinya Nama Arab yang berarti ‘sangat pantas dipuji’
23. Aidan ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Gael, Aedan. Merupakan nama para santo di Irlandia, diantaranya seorang Irlandia,murid Santo David dari Wales, yang nantinya menjadi uskup di Ferns, dan terkenal karena kebaikan dan kedermawanannya, sebagai pembawa agama Kristen d
24. Aitor ((Sejarah) artinya Ayah yang baik
25. Aizik ((Sejarah) artinya Nama Yahudi; bentuk lain dari bahasa Yiddi Yitzhak (Isaac)
26. Al ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari nama-nama yang berawalan Al-
27. Alan ((Sejarah) artinya Nama Celtic yang kemungkinan pemendekan sebuah kaya yang berarti ‘batu’. Diperkenalkan di Inggris oleh Breton, pengikut dari William Sang Penakluk. Yang paling terkenal adalah Alan, Bangsawan Britania, yang diberi penghargaan untuk pelayanannya dengan mem
28. Alaric ((Sejarah) artinya Nama Jerman yang merupakan gabungan dari ala ‘semua’ atau ali ‘orang asing’ + ric ‘kekuatan, penguasa’. Sekarang jarang digunakan, dan pertama kali diperkenalkan di Inggris dalam bentuk yang sama oleh orang Normandia.
29. Alban ((Sejarah) artinya Berasal dari nama Latin Albanus. Kemungkinan merupakan sebuah nama etnik dari salah satu tempat di Kerajaan Romawi yang disebut Alba ‘putih’, atau merupakan bentuk Latin dari nama Inggris yang berasal dari Celtic alp ‘batu, tebing’. (Albie, Alby)
30. Alberic ((Sejarah) artinya Nama yang hampir menyerupai nama Aubrey, berasal dari Latin Albericus pada abad ke-14.
31. Albert ((Sejarah) artinya Nama dari Perancis kuno Albert yang berasal dari Jerman (Frankish), terbentuk dari kata adal ‘bangsawan’ + berht ‘cemerlang, terkenal’. Nama ini populer di Inggris pada abad ke-19 dan dipakai sebagai penghormatan kepada suami Ratu Victoria, Pangeran Alber
32. Albie ((Sejarah) artinya Bentuk pelafalan lain dari Alby
33. Albion ((Sejarah) artinya berasal dari nama syair di Inggris. Diduga berasal dari Latin albus ‘putih’ untuk menunjukkan putihnya tebing yang mencuat dari lautan, tapi faktanya mungkin berasal dari elemen bahasa Celtic alp ‘batu, tebing’
34. Alby ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Albert dan Alban; di-Inggriskan dari bentuk Irlandia Ailbhe
35. Aldebaran ((Sejarah) artinya Bintang Ke-13 Yang Paling Terang Dalam Astronomi
36. Aldous ((Sejarah) artinya Kemungkinan bentuk pendek dari berbagai nama Normandia seperti Aldebrand, Aldemund, dan Alderan, mengandung sebuah kata Jerman ald ‘old’.
37. Alec ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari nama Inggris dan Skotlandia, Alexander
38. Alex ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Alexander, Alexandra atau Alexis, juga digunakan sebagai nama perseorangan (Alix)
39. Alexander ((Sejarah) artinya Bentuk Latin yang berasal dari Yunani Alxandros, dari kata alexein ‘membela’ + aner ‘laki-laki, prajurit’. Digunakan sebagai nama yang umum di seluruh eropa, namun, sebagian besar dipakai karena kepopuleran Alexander Agung, Raja Macedonia (356-323 SM) (Alastar, Alasdair, Alexandre, Alejandro, Aleixandre, Alessandro, Aleksandr, Aleksanteri, Sandor)
40. Alexis ((Sejarah) artinya Bentuk lain (atau bentuk feminin) dari Alexius, pelafalan Latin dari nama Yahudi Alexios, berasal dari kata alexein ‘membela’. St Alexius adalah santo di Edessa pada abad ke-5, yang sangat di-istimewakan Gereja Ortodok sebagai ‘orang Tuhan’.
41. Alf ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Alfred (Alfie)
42. Alfa ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Alpha
43. Alfie ((Sejarah) artinya Bentuk kesayagan dari Alfred, sekarang populer sebagai sebuah nama
44. Alfred ((Sejarah) artinya Nama dari Inggris Kuno yang berasal dari kata ælf ‘peri, mahluk supernatural’ + ræd ‘penasehat’. Banyak digunakan karena terkenalnya Alfred yang Agung (849-899), Raja Wessex
45. Alger ((Sejarah) artinya Nama yang berasal dari nama keluarga, yang merupakan nama Inggris Kuno dari kata ælf ‘peri, mahluk supernatural’ + gár ‘tombak’. Nama pribadi ini tidak biasa digunakan sebelum ataupun sesudah Penaklukan Normandia, tetapi nama ini digunakan kembali pada ab
46. Algernon ((Sejarah) artinya Nama yang berasal dari Normandia-Perancis, yang seharusnya dipakai untuk nama tengah, artinya ‘berkumis’ (dari kata Perancis Kuno grenon, gernon ‘kumis’). Dahulu dipakai oleh orang Normandia yang mempunyai aturan untuk tidak berkumis dan berjenggot, untuk (Algy, Algie)
47. Ali ((Sejarah) artinya Seandainya dipakai untuk nama perempuan, merupakan bentuk kesayangan dari Alison, Alice, atau nama lain yang berawalan nama ini. Dan kalau dipakai untuk nama laki-laki merupakan bentuk kesayangan dari nama Alistair, juga merupakan nama perseorangan dari b
48. Alick ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Alec, yang telah berkembang menjadi sebuah nama tersendiri.
49. Alistair ((Sejarah) artinya Perubahan lafal dari Alasdair, bentuk dari Alexander dalam bahasa Gael-Skotlandia. Alistair, sekarang secara luas digunakan di negara-negara berbahasa Inggris, sering digunakan tanpa adanya hubungan dengan Skotlandia (Alisdair, Alastair, Alister, Allaster, Alistar)
50. Allan ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Alan, banyak dgunakan di Skotlandia dan Amerika Utara
51. Allaster ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia: bentuk lain dari Alistair. Merupakan salah seorang pengembara dalam karya Sir Walter Scott, Rob Roy (1818), yang dipastikan mencapai kepopuleran pada abad 19.
52. Allen ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Alan, di Inggris biasanya ditemukan sebagai nama keluarga, tetapi di Amerika Utara seringkali digunakan sebagai nama perseorangan
53. Aloysius ((Sejarah) artinya Kemungkinan bentuk Latin dari versi bahasa Provencal, Louis. Banyak digunakan di Italia pada abad pertengahan, dan populer ketika masa Katolik Roma sebagai nama penghormatan untuk St Aloysius Gonzaga (1568-91), yang lahir di Lombardy
54. Alpha ((Sejarah) artinya Diambil dari nama huruf pertama alfabet Yunani. Tamoaknya dipilih sebagai nama mulai abad ke 19 dan 20, sebagai simbol mutu dan keunggulan.
55. Alphonse ((Sejarah) artinya Bentuk Perancis dari nama Spanyol Alfonso, yang aslinya berasal dari Jerman (Visigorhic). Kemungkinan gabungan dari adal ‘bangsawan’ + funs ‘siap, cepat’. Kemungkinan lainnya, elemen pertama adalah ala ‘semua’, hadu ‘perjuangan’, atau hild ‘pertempuran. S
56. Altman ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: gabungan kata dari Bahasa Yiddi alt ‘old’ + man ‘laki-laki’. Secara tradisional, nama ini adalah nama yang diberikan kepada anak untuk melindungi mereka dari malaikat kematian, karena akan dibingungkan dengan konflik antara si nama bayi dan s
57. Alton ((Sejarah) artinya Banyak dipakai di Amerika: pengalihan penggunaan dari nama keluarga di Inggris, yang berasal dari banyak tempat yang bernama Alton di Inggris. Nama ini berasal dari berbagai sumber; yang paling umum adalah dari Inggris Kuno ?wiell ‘mata air’ + tún ‘perkam
58. Alun ((Sejarah) artinya Nama Wales kuno, secara tidak langsung berhubungan dengan nama Alan, dan sekarang menjadi bermakna sama dengan Wales. Merupakan salah satu tokoh dalam cerita Mabinogi, Alun dari Dyfed, sebuah karakter yang disebutkan beberapa kali dalam cerita itu. Nama i
59. Alvar ((Sejarah) artinya Nama di abad pertengahan yang berasal dari nama perseorangan Inggris kuno Ælfhere, terbentuk dari kata ælf ‘mahluk supernatural’ + here ‘prajurit’.
60. Alvin ((Sejarah) artinya Berasal dari nama perseorangan Inggris kuno, gabungan dari ælf ‘mahluk supernatural’ + wine ‘teman’. Dulunya tidak terlalu umum dipakai di Inggris baik sebelum atau setelah Penaklukan Normandia, tetapi nama ini populer di Amerika. (Alwyn, Aylwin)
61. Amadeus ((Sejarah) artinya Nama Latin di abad pertengahan yang bermakna ‘kasih Tuhan’, kemungkinan merupakan kata serapan dari Yunani Theophilos. Nama ini adalah nama tradisional di rumah kerajaan Savoy; pembawa nama ini adalah Amadeus IX yang Diberkati, Bangsawan Savoy (1435-72).
62. Ambrose ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Latin Akhir Ambrosius ‘abadi’. Nama ini dipopulerkan oleh baragam santo terdahulu, yang paling terkenal adalah seorang uskup pada abad ke-4 di Milan (Ambros, Emrys, Ambroise, Ambrosio, Ambrogio, Ambrozy, Ambroz)
63. Amias ((Sejarah) artinya Nama yang jarang dipakai, kemungkinan berasal dari nama keluarga Amias, yang merupakan nama lokal untuk seseorang dari Amiens di Perancis. Akhiran -ias sering ditemukan dalam alkitab yang artinya ‘Tuhan’. Amias mungkin dipilih karena kepercayaan bahwa nam
64. Amiaz ((Sejarah) artinya Nama Yahudi; dari bahasa Yahudi modern yang artinya ‘rakyatu kuat’
65. Amittai ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: terdapat dalam alkitab, artinya ‘benar’ atau ‘jujur’ dalam bahasa Yahudi, dipopulerkan oleh ayah dari Jonah (2 Kings 14:25)
66. Amnon ((Sejarah) artinya Sebagian besar nama orang Yahudi; terdapat dalam alkitab (artinya ‘setia’ dalam bahasa Yahudi), dipopulerkan oleh putra dari Raja David, yang memperkosa dan membuang saudara tirinya Tamar dan dibunuh oleh kakak laki-lakinya sendiri, Absolom.
67. Amos ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), dipopulerkan oleh seorang peramal Yahudi pada abad ke-8 sebelum masehi. Nama ini kemungkinan berhubungan dengan bahasa Yahudi amos ‘membawa’. Dalam beberapa tradisi, ditetapkan bahwa artinya adalah ‘dilahirkan Tuhan’.
68. Amshel ((Sejarah) artinya Nama Yahudi (bahasa Yiddi); bentuk lain dari Antshel
69. Amyas ((Sejarah) artinya Kemungkinan bentuk lain dari Amias. Pertama kali terdapat dalam karya Spenser Faerie Queene, yang merupakan nama dari seorang ‘pengawal kalangan bawah’
70. André ((Sejarah) artinya Bentuk Perancis dari Andrew, sekarang digunakan di negara-negara berbahasa Inggris
71. Andreas ((Sejarah) artinya Bentuk asli dari Perjanjian Baru Yunani dari Andrew, digunakan di negara-negara berbahasa Inggris dalam berbagai bentuk.
72. Andrew ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Yunani Andreas, bentuk pendek dari berbagai nama yang berawalan andr- ‘laki-laki, prajurit’. Dalam Perjanjian Baru dia adalah murid pertama yang dipanggil oleh Jesus. Setelah Kebangkitan, St Andrew menyebarkan ajaran Jesus di Asia (Aindrias, Aindreas, Aindriu, Aindrea, Anndra, Andras, Andries, Anders, Andreu)
73. Andy ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Andrew, sekarang terkadang digunakan sebagai nama perseorangan
74. Aneurin ((Sejarah) artinya Bentuk modern dari nama Wales Aneirin, terkadang digunakan di negara yang tidak berbahasa Wales, sebagai penghormatan kepada Aneurin Bevan (1897-1960). Nama ini merupakan nama yang terdapat dalam syair Wales pertama.
75. Angel ((Sejarah) artinya Nama laki-laki Spanyol yang sangat umum, berasal dari Bahasa Yunani angelos ‘pengabar’. Nama ini umum digunakan di Amerika, sekarang di Inggris merupakan nama perempuan, tetapi terkadang digunakan sebagai nama laki-laki sejak tahun 1400-an
76. Anselm ((Sejarah) artinya Berasal dari Jerman, gabungan dari kata ans ‘dewa, tuhan’ + helm ‘helm/topi’. Dibawa dari Italia ke Inggris oleh St Anselm, yang merupakan uskup besar Canterbury di akhir abad 11 dan awal abad 12, dan diberi penghormatan sebagai Doctor di gereja.
77. Anshel ((Sejarah) artinya Nama Yahudi (bahasa Yiddi); bentuk lain dari Antshel
78. Anthony ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris umum yang diambil dari nama keluarga Romawi kuno Antonius, yang kemungkinan berasal dari Etruscan (bahasa Etruria). Lafal -th- menggambarkan perubahan yang keliru yang dihubungkan dengan kata Yunani Anthos ‘bunga’. Pada masa setelah periode (Anton, Antonio, Antoni, Antonin, Ante, Antun, Anton, Antal, Antanas)
79. Antoine ((Sejarah) artinya Bentuk Perancis dari nama Anthony, sekarang sudah digunakan di negara-negara berbahasa Inggris (Antwan)
80. Anton ((Sejarah) artinya Bentuk umum di Eropa dari nama Anthony, sekarang sudah digunakan di negara-negara berbahasa Inggris
81. Antonino ((Sejarah) artinya Bentuk Italia yang merupakan bentuk kesayangan dari Antonio, sekarang sudah digunakan di sebagian negara berbahasa Inggris
82. Antony ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Anthony
83. Antrim ((Sejarah) artinya Berasal dari nama daerah di Utara Irlandia, dalam bahasa Gael yaitu Aontraim. Kemungkinan gabungan dari bahasa Gael aon ‘satu’ + treabh ‘rumah’, dan menunjuk kepada salah satu hunian yang kemudian menjadi pusat desa dan akhirnya menjadi sebuah kota, lalu
84. Antshel ((Sejarah) artinya Nama Yahudi (bahasa Yiddi); berasal dari Latin angelus ‘malaikat’ (Anshel, Amshel)
85. Aram ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil),yang berarti ‘ketinggian’ dalam bahasa Yahudi, dipopulerkan oleh putra dari Shem dan cucu dari Noah, terdapat dalam silsilah keturunannya
86. Archer ((Sejarah) artinya Penggunaan lain dari nama keluarga, berasal dari sebuah nama pekerjaan untuk pemanah (Perancis kuno arch(i)er; dari Latin arc(u)arius yang bersumber dari arcus ‘panah’). Di Australia terkadang dipilih sebagai nama perseorangan sebagai penghormatan kepada
87. Archibald ((Sejarah) artinya Nama Normandia-Perancis, yang berasal dari Jerman (Frankish), nama perseorangan yang terbentik dari ercan ‘asli, sejati’ + bald ‘tegas, berani’.
88. Archie ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Archibald, digunakan sebagai nama tersendiri sejak abad ke-19. Sejak awal abad 21 nama ini sangat populer.
89. Ariel ((Sejarah) artinya Dari nama tempat alkitab yaitu Ariel, yang dikatakan berarti ‘singa Tuhan’ dalam bahasa Yahudi. Nama ini digunakan sebagai nama laki-laki di Israel, tapi di Amerika, nama ini sering digunakan sebagai nama perempuan
90. Arjun ((Sejarah) artinya Nama India yang berarti ‘putih’ dalam bahasa Sansekerta.
91. Arke ((Sejarah) artinya Nama Yahudi; bahasa Yiddi, bentuk kesayangan dari Aaron
92. Armani ((Sejarah) artinya Bentuk modern, terinspirasi dari fashion desainer Italia Giorgio Armani (lahir tahun 1935), yang nama akhirnya berasal dari nama Lombardy, Jerman hariman ‘orang yang bebas’
93. Armstrong ((Sejarah) artinya Penggunaan lain dari nama keluarga, yang asal mulanya dari perbatasan Skotlandia, kemungkinan sebuah nama panggilan untuk seorang laki-laki yang berlengan kuat.
94. Arn ((Sejarah) artinya 1. Nama Yahudi dari bahasa Yiddi, nama lain dari Aaron. 2. Nama Inggris: bentuk pendek dari Arnold (Arnie)
95. Arnold ((Sejarah) artinya Nama dari Perancis Kuno, Arnald, Arnaud, yang berasal dari Jerman (Frankish), dari arn ‘elang’ + wald ‘penguasa’. Dipakai oleh orang-orang Normandia dan diperkenalkan ke negara Inggris oleh mereka. Seorang santo yang memiliki nama ini, yang sangat memuja
96. Aron ((Sejarah) artinya Bentuk sederhana dari Nama Aaron
97. Arran ((Sejarah) artinya Merupakan sebuah kata baru, diambil dari nama Pulau Arran di pantai sebelah barat Skotlandia. Kemungkinan juga merupakan bentuk lain dari Aaron
98. Art ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Arthur. Juga merupakan nama tradisional bahasa Gael (art ‘beruang’) yang telah di-Inggris-kan sebagai Arthur, walaupun dalam faktanya, tidak mempunyai hubungan dengan nama itu.
99. Artemas ((Sejarah) artinya Berasal dari Perjanjian Baru Yunani, Merupakan bentuk pendek dari percampuran berbagai nama yang menunjuk kepada sorang Dewi Artemis. Disebutkan dengan singkat dalam alkitab surat St Paul untuk Titus.
100. Artemus ((Sejarah) artinya bentuk lain dari Artemas
101. Arthur ((Sejarah) artinya Berasal dari Celtic. Raja Arthur adalah seorang raja Inggris pada abad 5 atau 6. Dia berkuasa di Inggris setelah kehancuran Kerajaan Romawi dan sebelum datangnya bangsa Jerman. Nama ini pertama kali dipakai di Latin Artorius; dari etimologi yang belum jel
102. Arye ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: artinya ‘singa’ dalam bahasa Yahudi. Singa, selalu dihubungkan dengan nama Judah (bahasa Yahudi: Yehuda). Karena ketika sekarat Jacob berkata: ‘Judah adalah anak singa’
103. Asa ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), merupakan salah satu nama raja Judah terdahulu, yang berkuasa selama 40 tahun, seperti yang tercatat dalam 1 Kings dan 2 Chronicles. Nama itu berasal dari nama tengah yang berarti ‘dokter, penyembuh’ dalam bahasa Yahudi,
104. Asaph ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (nama dalam Injil), yang berarti ‘kolektor’ dalam bahasa Yahudi. Terdapat dalam kitab Mazmur, dan mungkin merupakan nama penulis atau penyanyi di gereja Yahudi.
105. Asher ((Sejarah) artinya Nama Yahudi; yang berarti ‘beruntung’ atau ‘bahagia’ dalam bahasa Yahudi. Terdapat dalam alkitab yang merupakan salah satu putra dari Jacob.
106. Ashley ((Sejarah) artinya Sebenarnya nama laki-laki tapi sekarang banyak dijadikan sebagai nama perempuan, merupakan penggunaan lain dari nama keluarga. Berasal dari bahasa Inggris kuno æsc ‘debu’ + l?ah ‘kayu, hutan’. Dipopulerkan oleh Anthony Ashley Cooper !801-85) seorang human (Ashlea, Ashleigh, Ashlee, Ashlie, Ashly)
107. Ashton ((Sejarah) artinya Penggunaan lain dari nama keluarga, merupakan nama beberapa tempat di Inggris yang dinamai dari bahasa Inggris Kuno æsc ‘pohon ash’ + t?n ‘pemukiman’
108. Aston ((Sejarah) artinya Penggunaan lain dari nama keluarga yang diambil dari beberapa nama tempat di Inggris, dan berasal dari bahasa Inggris Kuno ?ast ‘timur’ + t?n ‘pemukiman’ atau merupakan bentuk lain dari Ashton
109. Athanasius ((Sejarah) artinya Nama Latin dari masa santo Kristen trerdahulu (297-373). Nama ini diambil dari kosakata Yunani athanos ‘abadi’, dan populer digunakan oleh orang Kristen
110. Auberon ((Sejarah) artinya Nama Perancis Kuno yang berasal dari Jerman (Frankish). Ada keraguan dengan asal nama ini; kemungkinan berhubungan dengan nama Aubrey atau mungkin gabungan dari kata adal ‘bangsawan’ + ber(n) ‘beruang’. Pembawa nama ini adalah penulis dan wartawan Auberon (Oberon, Bron)
111. Aubrey ((Sejarah) artinya Nama Normandia-Perancis dari bentuk Jerman Alberic, gabungan dari alb ‘peri, mahluk supernatural’ + ric ‘kekuatan. Merupakan nama dalam mitologi Jerman, yaitu seorang raja peri. (Aubree)
112. Audley ((Sejarah) artinya Penggunaan lain dari nama keluarga yang diambil dari sebuah nama tempat di Staffordshire, dan berasal dari nama perempuan Inggris kuno yaitu Aldgýth + léah ‘ladang’.
113. Augustine ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Latin Augustinus. Pembawa nama ini yang terkenal adalah St Augustine dari Hipppo (354-430), kemungkinan dia adalah Bapak terhebat diantara gereja Kristen. (Aghaistin, Aibhistin, Augustin, Augustijn, Agusti, Agostinho, Agostino, Avgustin, Tauno, Agoston, Augustinas)
114. Augustus ((Sejarah) artinya Nama Latin dari kata augustus ‘besar, terkemuka, hebat’ (dari augere ‘meningkatkan’). Kata ini digunakan sebagai gelar untuk para raja Romawi, dimulai dengan Octavian (Gaius Julius Caesar Octavianus), anak adopsi dari Julius Caesar, yaitu pada tahun 27 SM
115. Austin ((Sejarah) artinya Nama di abad pertengahan yang diambil dari bahasa daerah Latin Augustinus. Kedua bentuk ini dipakai di berbagai daerah di Inggris pada akhir abad ke 17, dan lebih sering dipakai setelahnya. (Austen, Austyn)
116. Averill ((Sejarah) artinya Dipakai terutama di Amerika; penggunaan lain dari nama keluarga, yang berasal dari abad pertengahan dan diambil dari nama perempuan di Inggris Kuno Eoforhild
117. Avery ((Sejarah) artinya Penggunaan lain dari nama keluarga, yang berasal dari abad pertengahan dari pelafalan nama Normandia-Perancis Alfred. Digunakan sebagai nama laki-laki di Inggris, tetapi di Amerika Utara lebih populer sebagai nama perempuan.
118. Avner ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: bahasa Yahudi modern, bentuk dari Abner
119. Avon ((Sejarah) artinya Diambil dari nama beberapa sungai di Inggris (contohnya Stratford-on-Avon yang mengalir melalui Bristol). Kata ini berasal dari Celtic yang berarti ‘sungai’.
120. Avrom ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: bahasa Yiddi, bentuk lain dari Abraham
121. Axel ((Sejarah) artinya Bentuk Skandinavia (Denmark) dari Absalom, dan sekarang dipakai di sebagian negara berbahasa Inggris
122. Aylwin ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Alvin
123. Azriel ((Sejarah) artinya Nama Yahudi; berarti ‘pertolongan Tuhan’ dalam bahasa Yahudi. Terdapat dalam alkitab yang disebutkan dengan singkat sebagai pemimpin suku Manassseh.
124. Bailey ((Sejarah) artinya Diambil dari nama keluarga,lebih umumnya adalah sebuah nama jabatan untuk seorang pembantu kepala polisi atau petugas administrasi. Dari bahasa Inggris kuno beg “buah berry” dan leah “hutan,pembukaan lahan”.
125. Baldwin ((Sejarah) artinya Dari nama orang Perancis yang berasal dari Jerman yang berarti ‘berani’. Merupakan nama pejuang perang salib dari normandia yaitu Baldwin dari Boulogne yang pada tahun 1100 terpilih menjadi raja pertama di Jerusalem.
126. Balthasar ((Sejarah) artinya Artinya adalah ‘Baal melindungi sang raja’. Berasal dari tradisi orang kristen pada zaman pertengahan untuk satu dari tiga laki-laki bijaksana Orient yang memberikan hadiah kepada bayi yesus (Balthazar)
127. Baptist ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari Gereja Latin “baptista” (Bentuk lain dari baptein “untuk menyelam”).
128. Barclay ((Sejarah) artinya Dari nama inggris kuno beorc (pohon birch) + leah (kayu,pembukaan hutan) yang diambil dari nama keluarga Skotlandia yang berasal dari Berkeley di Gloucestershire. (Berk(e)ley)
129. Barnabes ((Sejarah) artinya Dari perjanjian baru,dimana Barnabas mewakili bentuk Yunani dari nama Aramaic yang memiliki arti putra dari penghibur. (Barnaby)
130. Barney ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Barnaby.
131. Baron ((Sejarah) artinya Artinya yaitu ‘ksatria muda’. Dari gelar bangsawan, seperti dari Earl dan Duke. Gelar ini berdiri pada saat kekuasaan feodal normandia dan sepertinya bersumber dari Jerman.
132. Barrett ((Sejarah) artinya Diambil dari nama keluarga yang tak jelas asalnya,mungkin juga nama panggilan dari baret yang berarti perselisihan.
133. Barrie ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Barry.
134. Barrington ((Sejarah) artinya Nama lokal dari berbagai tempat di Inggris, salah satunya di Glouchestershire yang berarti ‘tempat tinggal dari orang-orang Beorn’.
135. Barry ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Irlandia Barra. Sejak abad ke 20 nama ini menjadi sangat populer dalam bahasa inggris internasional khususnya Australia. (Barrie)
136. Barrymore ((Sejarah) artinya Diambil dari nama keluarga di Inggris dan Skotlandia. Dalam beberapa kasus nama ini dipilih dari referensi dari artis teater terkenal, diantaranya yang terkenal adalah Drew Barrymore.
137. Bart ((Sejarah) artinya Bentuk singkat dari Barton dan Bartholomew. Nama ini muncul oleh salah satu karakter utama dalam serial TV populer The Simpson.
138. Bartholomew ((Sejarah) artinya Berasal dari perjanjian baru, awal mula dari nama Yahudi Talmai yang artinya ‘penuh dengan alur’.
139. Barton ((Sejarah) artinya Diambil dari nama Inggris kuno bere + tun yang berarti tanah berpagar. Diambil dari nama keluarga yang berasal dari nama lokal berbagai banyak tempat di Inggris. (Bart)
140. Baruch ((Sejarah) artinya Nama dari Alkitab berarti ‘diberkahi’ dalam Yahudi. Muncul sebagai karakter dalam Buku Jeremiah.
141. Basil ((Sejarah) artinya Dari nama Yunani Basileios yang berarti ‘setia’. Nama ini muncul dari St Basil The Great,seorang uskup dari Caesarea. (Baz)
142. Battar ((Sejarah) artinya Salah satu pedang nabi Muhammad SAW yang disita oleh kaum Yahudi ketika mereka diusir dari Madinah
143. Baxter ((Sejarah) artinya Diambil dari nama keluarga, berasal dari zaman pertengahan sebagai nama pekerjaan untuk tukang roti.
144. Baz ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Barry. Sebagian besar orang Australia yang menggunakan nama ini. (Bazza)
145. Bea ((Sejarah) artinya Bentuk singkat dari Beatrice atau Beatrix
146. Beau ((Sejarah) artinya Mulanya sebuah nama panggilan berarti “ganteng,gagah,tampan,rupawan”,dibawa oleh Bupati dandy Beau Brummell (1778-1840),yang merupakan teman dari Pangeran Regent.
147. Bechor ((Sejarah) artinya Nama Yahudi yang memiliki arti ‘kelahiran pertama’. Dimunculkan terutama sekali oleh keturunan sephardic Yahudi
148. Bellarmino ((Sejarah) artinya Nama katolik, digunakan adakalanya sejak abad 20 sebagai penghormatan terhadap St Roberto Bellarmino (1542-1621)
149. Ben ((Sejarah) artinya Bentuk singkat dari Benjamin
150. Benedict ((Sejarah) artinya Dari Gereja Latin Benedictus yang berarti ‘diberkahi’. Ini adalah nama seorang pendeta yang menggubah peraturan Benedictine dari kehidupan biara yang masih mengikuti pokok ajaran barat.
151. Benjamin ((Sejarah) artinya Nama dalam Alkitab,dimunculkan oleh anak Jacob paling bungsu dari 12 bersaudara. Ibunya yaitu Rachel meninggal saat melahirkannya dan pada saat terakhir ia menamakannya Benoni yang berarti ‘anak dari penderitaanku’. Ayahnya bagaimanapun tidak menginginkan
152. Bennett ((Sejarah) artinya Bentuk logat asli dari Benedict pada zaman pertengahan. Dimunculkan oleh wanita dan laki-laki pada masa lalu.
153. Benson ((Sejarah) artinya Diambil dari nama keluarga,yang berasal dari bagian nama yang hampir sama dengan nama ayah dari Ben.
154. Bentley ((Sejarah) artinya Berasal dari Bahasa Inggris kuno beonet yang berarti ‘rumput bengkok’ + leah yang berarti ‘kayu’.
155. Benton ((Sejarah) artinya Diambil dari nama keluarga,nama setempat dari salah satu tempat di Northumberland berasal dari Inggris Kuno beonet yaitu rumput bungkuk + tun yaitu perkampungan.
156. Ber ((Sejarah) artinya Dari bahasa Yiddi yang berarti beruang. Mungkin dipengaruhi kebiasaan memberi nama binatang kepada manusia pada awal zaman pertengahan di eropa.
157. Beresford ((Sejarah) artinya Dari Bahasa Inggris Kuno ‘beofor’ yaitu berang-berang dan ‘ford’ yaitu mengarungi yang merupakan nama setempat di Staffordshire.
158. Berkeley ((Sejarah) artinya Di Amerika Serikat dipilih dengan referensi suatu tempat di California. (Barclay)
159. Berkley ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Barclay.
160. Bernard ((Sejarah) artinya Dari nama kuno Perancis diperoleh dari ber(n) ‘beruang’ + hard ‘keras,berani,kuat’. Ini merupakan nama dari ketiga pendeta terkenal pada zaman pertengahan yaitu: St Bernard of Menthon,St Bernard of Clairvux dan Bernard of Chartes.

Nama Bayi Laki Laki Sejarah hlm pertama

To top