Nama Bayi Laki Laki Asal Bahasa Dan Artinya

1592 Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan

Nama Bayi Laki Laki Sejarah Pilihan

961. Lex ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Alex, digunakan juga sebagai nama pribadi
962. Lexie ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Alexandra atau Alexis dan Alex
963. Lexis ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari nama Alexis
964. Lexy ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Lexie
965. Liam ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari nama Irlandia, Uilliam (William).
966. Lincoln ((Sejarah) artinya Diambil dari nama kota Lincoln. Ditemukan di abad 7 sebagai Lindum colonia, kemungkinan dari bahasa Wales Kuno yang berarti ‘danau’ + colonia ‘koloni, pemukiman’ (bahasa Latin). Digunakan sebagai penghormatan kepada presiden Amerika ke-16, Abraham Lincoln
967. Lindon ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Lyndon
968. Lindsay ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia yang dipopulerkan oleh Sir Walter de Lindesay, salah satu pelayan dari Raja David, Skotlandia (1084-1153). Nama ini berarti ‘pulau’ dalam bahasa Inggris Kuno
969. Linford ((Sejarah) artinya Diambil dari nama beberapa tempat yang dinamai dengan bahasa Inggris Kuno lin ‘rami’, atau lind ‘pohon lime’ + ford ‘sungai’. Dipopulerkan oleh atlet Inggris, Linford Christie (lahir 1960)
970. Linton ((Sejarah) artinya Nama lokal dari beberapa tempat di Inggris, berasal dari bahasa Inggris Kuno lin ‘rami, katun’ + tun ‘pemukiman’ (Lynton)
971. Linus ((Sejarah) artinya Bentuk Latin dari nama Yunani Linos. Dalam mitologi Yunani, Linus adalah seorang musisi hebat yang mengajarkan musik kepada Hercules
972. Lionel ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari nama Perancis Kuno Leon (Leo)
973. Lloyd ((Sejarah) artinya Nama Wales yang merupakan nama julukan untuk orang yang ‘nerambut abu-abu’
974. Lockie ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan Kanada dari nama Lachlan
975. Logan ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia. Diambil dari beberapa nama tempat di Ayrshire.
976. Lonnie ((Sejarah) artinya Kemungkinan bentuk Inggris atau bentuk kesayangan dari nama Spanyol Alonso, atau bentuk lain dari Lenny. Dipopulerkan oleh penyanyi skiffle, Lonnie Donegan (1931-2002)
977. Lorcan ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Gael, Lorcán ‘dahsyat’
978. Loren ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Lauren
979. Lorin ((Sejarah) artinya Umumnya di Amerika: bentuk lain dari Loren
980. Lorne ((Sejarah) artinya Umumnya di Kanada: diambil dari nama wilayah Lorn(e) di Argyll. Dipopulerkan oleh aktor Kanada, Lorne Greene (1915-1987)
981. Lorrin ((Sejarah) artinya Umumnya di Amerika: bentuk lain dari Loren
982. Lou ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Louis atau Louise
983. Loughlin ((Sejarah) artinya Nama Irlandia: Bentuk Inggris dari nama Lochlainn ‘negeri danau’
984. Louie ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari nama Lewie atau Louis
985. Louis ((Sejarah) artinya Nama Perancis, dari bahasa Jerman (Frankish) hlod ‘popularitas’ + wig ‘perang’. Louis I (778-840) adalah putra dari Charlemagne yang menjadi Raja Perancis sekaligus Kaisar Suci Romawi. (Lewiw, Lewi, Louie)
986. Lovell ((Sejarah) artinya Berasal dari nama Perancis (Normandia) Kuno Louve ‘bayi serigala’
987. Lowell ((Sejarah) artinya Umumnya di Amerika: Penggunaan lain dari nama keluarga yang terkenal di Inggris, salah satu anggotanya yaitu penyair Robert Lowell (1917-77)
988. Loyal ((Sejarah) artinya Umumnya di Amerika: berasal dari kata bahasa Inggris (dari bahasa Perancis Kuno leial, Latin legalis ‘legal’)
989. Luca ((Sejarah) artinya Bentul Italia dari Luke (Luka)
990. Lucas ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari nama Luke. Juga nama yang terdapat dalam Perjanjian Baru dari versi yang disyahkan.
991. Lucian ((Sejarah) artinya Dari nama Latin Lucianus, bentuk lain dari Lucius. St Lucian, Maximian, dan Julian adalah tiga misionaris untuk Gaul ang dimartir di Beauvais di akhir abad 3. (Lucien)
992. Lucius ((Sejarah) artinya Nama Romawi Kuno, kemungkinan berasal dari kata Latin lux ‘cahaya’. Lucius adalah nama dua orang Kristiani yang terdapat dalam Perjanjian Baru.
993. Ludovic ((Sejarah) artinya Dari nama Latin Ludovicus, berasal dari nama Jerman Hludwig (Louis). Dipopulerkan oleh penulis dan penyiar Ludovic Kennedy (lahir 1919) (Ludo)
994. Luis ((Sejarah) artinya Bentuk Spanyol dari nama Louis
995. Luka ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Luca
996. Luke ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Lucas, juga bentuk Latin dari nama post-klasik Yunani Loukas ‘pria dari Lucania’. Dipopulerkan oleh tokoh Luke Skywalker dalam fil Star Wars (1977) (Lukas, Lukasz, Luukas, Lukacs, Lluc(h))
997. Lumanea ((Sejarah) artinya Suka Memberi
998. Luther ((Sejarah) artinya Dari nama Jerman yang berasal dari kata liut ‘manusia’ + heri, hari ‘laskar’. Dipopulerkan oleh pengabar injil Protestan, dan pembuat perubahan kegerejaan dan teologi, Martin Luther (1483-1546)
999. Lyall ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia yang berasal dari nama Norwegia Liulfr yang tersusun kata ulfr ‘serigala’
1000. Lyle ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia yang merupakan julukan untuk seseorang yang datang ‘dari pulau’
1001. Lynden ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Lyndon ataupun Linden
1002. Lyndon ((Sejarah) artinya Nama Inggris: berasal dari nama tempat utama di Rutland, yang berasal dari bahasa Inggris Kuno lind ‘pohon linden, pohon lime’ + dun ‘bukit’. Dipopulerkan oleh Presiden Amerika, Lyndon Baines Johnson (1908-73)
1003. Lynton ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Linton
1004. Macey ((Sejarah) artinya Nama di periode kebangsawanan Normandia, dari nama beberapa tempat di Perancis Utara yang disebut Massey. (Macie, Macy)
1005. Mack ((Sejarah) artinya Nama julukan untuk pembawa nama patronimik Skotlandia dan Irlandia yang berawalan Mac atau Mc
1006. Mackenzie ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia, dari nama Gael Mac Coinnich, bentuk patronimik dari Coinneach ‘elok, menarik’ (Makensie, Mckenazie)
1007. Maddison ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Madison
1008. Madison ((Sejarah) artinya Merupakan nama matronimik dari nama Madde, bentuk pendek dari Madeleine atau Maud. Dipopulerkan oleh negarawan, James Madison (1751-1836)
1009. Magnus ((Sejarah) artinya Nama Latin yang berarti ‘agung’. Pertama kali diuraikan dari nama Charlemagne (atau Carolus Magnus ‘Charles yang Agung’). Dipopulerkan oleh raja-raja Norwegia, seperti Magnus I (1024-47), yang dikenal sebagai Magnus yang Baik, dan Magnus VI (1238-80), yan
1010. Maitland ((Sejarah) artinya Merupakan nama julukan untuk orang yang kasar dan tidak sopan, dari bahasa Anglo-Normandia Perancis maltalent, mautalent ‘tabiat buruk’. Juga merupakan nama sebuah tempat yaitu Mautalant di Perancis yang dinamai karena tanahnya tidak subur
1011. Malachi ((Sejarah) artinya Nama Kristiani, merupakan nama nabi terakhir diantara 12 nabi yang terdapat dalam perjanjian baru. Berarti ‘pembawa pesanku’ dalam bahasa Yahudi, karena dia yang meramalkan kedatangan Kristus
1012. Malcolm ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Gael Mael Coluim ‘yang taat kepada St Columba’
1013. Mallory ((Sejarah) artinya Khususnya di Amerika Utara: merupakan nama Normandia Perancis, sebagai nama julukan untuk orang yang tidak beruntung (Mallery, Malerie)
1014. Mandel ((Sejarah) artinya Nama Yahudi, bentuk lain dari Mendel, kemungkinan juga merupakan nama Jerman M?nnl ‘laki-laki’.
1015. mandra ((Sejarah) artinya nama dewa Yama dalam sejarah bangsa Swahili
1016. Mandy ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Amanda. Atau bentuk Inggris dari nama Yahudi, Mandel (Mandi(e))
1017. Manfred ((Sejarah) artinya Dari nama Jerman Kuno, yang tersusun dari man ‘laki-laki’ + fred, frid ‘damai’. Atau juga dari kata magin ‘kekuatan’ (dari nama Normandia Mainfred). Dipopulerkan oleh raja terakhir Hohenstaufen di Sicily (1258-66)
1018. Manley ((Sejarah) artinya Diambil dari nama tempat di Devon dan Cheshire, dinamai dengan bahasa Inggris Kuno yang berarti ‘hutan biasa’. Nama ini juga merupakan nama julukan untuk orang yang bersikar jantan.
1019. Manny ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Emmanuel, ditemukan sebagai nama Yahudi
1020. Marc ((Sejarah) artinya Bentuk Perancis dari nama Mark. Dipopulerkan oleh penyanyi pop Inggris tahun 1960an, Marc Bolan (1947-77)
1021. Marcel ((Sejarah) artinya Nama Perancis: dari nama Latin Marcellus, yang berasal dari nama Marcus. Nama ini pernah populer di Perancis, karena dipopulerkan oleh seorang misionaris bangsa Gaul di abad 3 yang dimartir di Bourges dengan temannya Anastasius.
1022. March ((Sejarah) artinya Nama julukan untuk seseorang yang tinggal di perbatasan dua teritorial, kususnya batas antara Inggris dan Wales atau Inggris dan Skotlandia. Juga sebagai nama julukan yang dihubungkan dengan bulan Maret.
1023. Marcus ((Sejarah) artinya Bentuk Latin dari Mark, kemungkinan berhubungan dengan Mars, seorang dewa perang Romawi, atau juga berasal dari kata mas ‘pria, jantan’. Dipopulerkan oleh pemimpin Black Consciousness, Marcus Garvey (1887-1940)
1024. Marion ((Sejarah) artinya Bentuk Perancis dari Marie. Di beberapa tempat merupakan nama kesayangan dari Margaret atau Margery. Untuk nama laki-laki, merupakan perubahan dari nama Marian dan bentuk lain dari nama Latin Marianus (Marius).
1025. Marius ((Sejarah) artinya Nama Latin, kemungkinan berhubungan dengan Mars, seorang dewa perang Romawi, atau juga berasal dari kata mas ‘pria, jantan’. Juga dipakai sebagai bentuk maskulin dari Maria
1026. Mark ((Sejarah) artinya Dari nama Latin, Marcus, merupakan nama pengabar Injil, penulis gospel kedua dalam Perjanjian Baru. Dalam legenda Arthuria, Raja Mark adalah penguasa di Cornwall. Kemungkinan juga diambil dari nama Celtic, yang berasal dari kata march ‘kuda’ (Marcas, Markus, Marc, Marco, Marcos, Marek, Markku)
1027. Marley ((Sejarah) artinya Dari nama beberapa tempat di Devon, Kent, Yokshire Barat, dan lain-lain. Berasal dari bahasa Inggris Kuno (ge)m?re ‘batas’ , myrig ‘kesenangan’, dan mearð ‘(pinus) marten’, digabungkan dengan l?ah’hutan’. Dipopulerkan oleh penyanyi Jamaika Bob Marley (194
1028. Marlon ((Sejarah) artinya Pertama kali diperkenalkan ke publik oleh aktor Amerika, Marlon Brando (1924-2004). Berasal dari nama Marc, dengan penambahan akhiran Perancis -lon
1029. Marmaduke ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Irlandia Kuno Mael-Maedoc ‘yang taat kepada Maedoc’. Maedoc adalah nama beberapa santo Irlandia. Pembawa nama ini adala Marmaduke Hussey (1923-2006), kepala utama dari BBC.
1030. Marquis ((Sejarah) artinya Umumnya di Amerika: diambil dari kata yang menunjukkan peringkat kebangsawanan. Berasal dari bahasa Perancis Kuno marchis ‘tuan dari daerah perbatasan’.
1031. Marsh ((Sejarah) artinya Nama lokal untuk seseorang yang hidup di sebidang tanah yang berawa. Juga digunakan sebagai bentuk pendek dari Marshall
1032. Marshall ((Sejarah) artinya Nama Normandia-Perancis untuk seseorang yang menjaga kuda. Berasal dari bahasa Jerman marah ‘kuda’ + scals ‘pelayan’ (Marshal)
1033. Martin ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Latin Martinus. Berasal dari nama Mars, dewa perang Romawi. Terkadang digunakan sebagai penghormatan untuk seorang pemimpin hak sipil, Martin Luther King (1929-68) (Martyn, Mairtin, Martan, Martainn, Merten, Maarten, Martijn, Morten, Marti, Martinho, Marcin, Martti, Marton)
1034. Marty ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Martin atau Martina dan Martine. Dipopulerkan oleh komedian Marty Feldman (1933-83), penyanyi pop Marty Wilde (lahir 1939), dan penyanyi country Marty Robbins (1925-82)
1035. Martyn ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Martin
1036. Marvin ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Mervyn. Dipopulerkan oleh penyanyi Amerika, Marvin Gaye (1939-84) dan petinju Marvin Hagler (lahir 1954)
1037. Mason ((Sejarah) artinya Nama di abad pertengahan, yaitu julukan untuk seseorang yang bekerja sebagai tukang batu.
1038. Masterman ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia, sebagai idtilah untuk seorang pelayan atau abdi: ‘orang’ dari ‘tuannya’. Populer oleh seorang tokoh utama dalam novel Captain Frederick Marryat, Masterman Ready (1841)
1039. Mathew ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Matthew
1040. Mathias ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Matthias
1041. Matt ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Matthew
1042. Matthew ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama pengabar Injil Kristiani, penulis gospel pertama dalam Perjanjian Baru. Berasal dari nama Yahudi Mattathia ‘pemberian Tuhan’ (Maitiu, Maitias, Matthaus, Matthijs, Mathies, Mathieu, Mateo, Matvei, Mateusz, Maciej, Matej, Matija, Matyas)
1043. Matthias ((Sejarah) artinya Nama dari perjanjian baru Yunani, berasal dari nama Yahudi Matthatia. Bentuk Inggris dari Matthew.
1044. Maurice ((Sejarah) artinya Dari nama Latin Mauricius, dari nama Maurus (berarti Moor ‘gelap, kehitaman’). Merupakan nama dari seorang kaisar Byzantine (539-602)
1045. Max ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Maximillian dan juga Maxwell
1046. Maxie ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari nama leki-laki atau perempuan yang berawalan suku kata ini, seperti Maxwell atau Maxine (Maxi)
1047. Maxim ((Sejarah) artinya Nama Rusia: dari nama Latin Maximus ‘paling agung’. Dipopulerkan oleh penulis Rusia, Alexei Maximovich Peshkov (1868-1936)
1048. Maximilian ((Sejarah) artinya Dari nama Latin Maximilianus (Maximus). Di abad 15, Kaisar Friedrich III, menamai pura pertamanya (1459-1519) dengan kombinasi nama Maximus dan Aemilianus, menjadi nama Maximilian (Maximillian, Maximilien)
1049. Maximus ((Sejarah) artinya Nama Latin yang berarti ‘paling agung’
1050. Maxwell ((Sejarah) artinya Diambil dari nama tempat di Sungai Tweed, dinamai sebagai ‘aliran dari Mack’. Dipopulerkan oleh pemilik koran William Maxwell Aitken, Lord Beaverbrook (1879-1964) yang lahir di Kanada.
1051. Maynard ((Sejarah) artinya Nama Normandia-Perancis, yang berasal dari bahasa Jerman magin ‘kekuatan’ + hard ‘keras, berani, kuat’
1052. Meir ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: nama tradisional yang berarti ‘memberi cahaya’ dalam bahasa Yahudi (Meier, Meyer, Myer, Maier,)
1053. Mel ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Melvin atau Melville, juga Melanie.
1054. Melchior ((Sejarah) artinya Dari nama tradisi di abad pertengahan sebagai salah satu dari nama tiga Magi. Berasal dari Persia, tersusun dari elemen melk ‘raja’ + quart ‘kota’
1055. Melek ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: dari bahasa Yahudi yang berarti ‘raja’
1056. Melville ((Sejarah) artinya Umumnya di Amerika Utara: merupakan nama di periode kebangsawanan Normandia, yaitu seorang tuan dari sebuah tempat di Perancis Utara yang disebut Malleville ‘pemukiman yang buruk’, dalam arti pemukiman di tanah yang tidak subur.
1057. Melvin ((Sejarah) artinya Nama modern, kemungkinan merupakan bentuk lain dari Melville, atau Melvyn. Dipopulerkan oleh bintang film Melvyn Douglas (1901-81)
1058. Menahem ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: berarti ‘penenang’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan nama raja Israel yang jahat di Scriptures yang membunuh besar-besaran wanita hamil (Menachem)
1059. Mendel ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: bentuk Yiddi dari nama Yahudi Menahem.
1060. Mercer ((Sejarah) artinya Merupakan nama panggilan untuk orang yang mempunyai pekerjaan sebagai ‘pedagang’. Digunakan sebagai penghormatan untuk Jendral Hugh Mercer, yang terbunuh dalam pertempuran Princeton tahun 1777 di Amerika.
1061. Meredith ((Sejarah) artinya Dari nama Wales Kuno. Dipopulerkan oleh tokoh wanita dalam novel Enid Bagnold, National Velvet (1935)
1062. Merle ((Sejarah) artinya Kemungkinan bentuk lain dari Meriel, juga merupakan nama yang diambil dari nama burung, yang berasal dari bahasa Perancis Kuno merle ‘burung hitam’. Dipopulerkan oleh aktris Merle Oberon (1911-79)
1063. Merlin ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Wales, Myrddin. Merupakan nama penyihir legendaris yang menunjukkan takdir dari Raja Arthur. (Merlyn)
1064. Merrill ((Sejarah) artinya Nama di abad pertengahan, merupakan bentuk maskulin dari Meriel atau Muriel
1065. Merton ((Sejarah) artinya Diambil dari nama beberapa tempat yang dinamai dengan bahasa Inggris Kuno mere t?n ‘pemukiman di danau’
1066. Mervyn ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Wales, Merfyn (mer ‘sumsum’ + myn ‘ulung’)
1067. Meshulam ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: berarti ‘membayar untuk’ atau ‘teman’. Merupakan nama tokoh minor dalam Perjanjian Lama.
1068. Micah ((Sejarah) artinya Nama Kristiani, yang berarti ‘siapa yang seperti Yahweh?’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan nama seorang nabi dan penulis Injil di abad 8
1069. Michael ((Sejarah) artinya Nama Inggris dari nama dalam alkitab (yang berarti ‘siapa yang seperti Tuhan?’ dalam bahasa Yahudi), merupakan nama salah satu dari malaikat terpenting, pelindung dari kaum Yahudi kuno. Dipopulerkan oleh seorang pangeran Persia yang terdapat dari Buku Dan (Micheal, Meical, Mihangel, Machiel, Mikkel, Michel, Miguel, Miquel, Miquel, Mikhail, Mihovil, Mihajlo, Mihaly)
1070. Mick ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Michael
1071. Mickey ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Michael (Micky)
1072. Mike ((Sejarah) artinya Bentuk pendek umum dari Michael
1073. Mikey ((Sejarah) artinya Bentuk kesayangan dari Michael
1074. Milan ((Sejarah) artinya Nama Ceko: bentuk pendek dari beberapa nama yang memiliki elemen mil ‘anggun, menyokong’. Mungkin juga diambil dari nama sebuah kota di Italia utara, Milano.
1075. Miles ((Sejarah) artinya Nama Normandia, perubahan dari nama Michael, dan dihubungkan dengan kata Latin miles ‘prajurit’.
1076. Miller ((Sejarah) artinya Merupakan nama untuk orang yang bekerja memutar penggilingan, menggiling butiran padi menjadi tepung
1077. Milo ((Sejarah) artinya Bentuk Latin dari Miles.
1078. Milton ((Sejarah) artinya Diambil dari nama beberapa tempat, berasal dari bahasa Inggris Kuno mylent?n ‘pemukiman dengan penggilingan’. Arti lainnya yaitu ‘pemukiman tengah (dari tiga)’. Dipopulerkan oleh penyair John Milton (1608-74)
1079. Mitchell ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Michael, yang dipengaruhi nama Perancis, Michel. (Mitch)
1080. Mo ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Maureen atau Maurice
1081. Mohammed ((Sejarah) artinya Nama Muslim, yang berarti ‘patut dipuji, berkualitas sangat baik’ (Mohammad, Mohamed, Muhammed)
1082. Moissani ((Sejarah) artinya Jenis Mineral Dari Batu Meteor (Moissanite)
1083. Monroe ((Sejarah) artinya Nama dari Skotlandia, berasal dari bahasa Gael bun rotha ‘mulut Roe’. Dipopulerkan oleh presiden Amerika ke-lima, James Monroe (1758-1831) (Monro, Munro(e))
1084. Montague ((Sejarah) artinya Nama dari periode kebangsawanan Normandia, yaitu seorang tuan/raja Montaigu di La Manche. Nama tempat ini berasal dari bahasa Perancis kuno mont ‘bukit’ + aigu ‘ujung’.
1085. Montgomery ((Sejarah) artinya Nama dari periode kebangsawanan Normandia, dari beberapa tempat di Calvados. Berasal dari bahasa Perancis Kuno mont ‘bukit’ + Gomeric ‘kekuatan laki-laki’ (nama Jerman). Dipopulerkan oleh aktor Amerika, Montgomery Clift (1920-66).
1086. Montmorency ((Sejarah) artinya Nama dari periode kebangsawanan Normandia, dari nama sebuah tempat di Seine-et-Oise. Berasal dari bahasa Perancis Kuno mont ‘bukit’ + Maurentius (nama Gallo-Romawi).
1087. Monty ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Montgomery atau Montague atau juga Montmorency
1088. Moray ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Murray
1089. Mordecai ((Sejarah) artinya Nama Kristiani, merupakan sepupu dan ayah angkat dari Esther yang mengizinkan perkenalannya denga Raja Ahasuerus. Berasal dari nama Persia yang berarti ‘yang taat kepada dewa Marduk’ (Motke, Moti)
1090. Morgan ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Wales, Morcant ‘lingkaran; penyelesaian’. Merupakan nama saudari tiri Raja Arthur yang cemburu, Morgan le Fay.
1091. Morley ((Sejarah) artinya Diambil dari nama tempat yang dinamai dengan bahasa Inggris Kuno m?r ‘tambatan, rawa’ + l?ah ‘hutan’
1092. Morris ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Maurice, juga untuk nama Yahudi, merupakan bentuk Inggris dari Moses
1093. Mortimer ((Sejarah) artinya Nama dari periode kebangsawanan Normandia, merupakan seorang tuan dari Mortemer di Normandia. Nama tempat ini berarti ‘laut mati’ dalam bahasa Perancis Kuno.
1094. Morton ((Sejarah) artinya Diambil dari nama tempat yang berasal dari bahasa Inggris Kuno m?rt?n ‘pemukiman di sebuah rawa’ (Mort)
1095. Moses ((Sejarah) artinya Nama Kristiani, bentuk Inggris dari nama seorang kepala keluarga yang memimpin Israel keluar dari Mesir. Berasal dari nama Mesir, yang artinya ‘lahir (dari dewa yang pasti)’
1096. Moss ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Moses. Di Wales merupakan bentuk pendek dari Mostyn.
1097. Motke ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: bentuk pendek dari Mordecai (Motl)
1098. Muhammad ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Mohammed
1099. Munroe ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Monroe
1100. Murgatroyd ((Sejarah) artinya Nama Yorkshire, yang diambil dari nama suatu tempat yang artinya ‘hutan milik Margaret’
1101. Murray ((Sejarah) artinya Nama Skotlandia, diambil dari nama wilayah yang sekarang disebut Moray. Dipopulerkan oleh komentator balap motor, Murray Walker (lahir 1923) (Moray)
1102. Mustafa ((Sejarah) artinya Nama Muslim, yang berarti ‘murni’ atau ‘terpilih’
1103. Myles ((Sejarah) artinya 1. Bentuk lain dari Miles; 2. Bentuk Inggris dari Maolra
1104. Myron ((Sejarah) artinya Nama klasik Yunani berasal dari kata myron ‘dupa, wewangian’. Dipopulerkan oleh pemahat terkenal di abad 5 SM.
1105. Nahman ((Sejarah) artinya Nama Yahudi: dipengaruhi nama dari Aram, Nahum ‘penenang’
1106. Nahum ((Sejarah) artinya Nama Kristiani (berarti ‘penenang’ dalam bahasa Yahudi), dipopulerkan oleh nama nabi di abad 7 sebelum masehi. Dia adalah penulis buku Injil.
1107. Naphtali ((Sejarah) artinya Nama Kristiani, kemungkinan berarti ‘bergulat dalam bahasa Yahudi, merupakan nama salah satu anaj Jacob.
1108. Napoleon ((Sejarah) artinya Dipakai di masa modern sebagai penghormatan untuk kaisar Perancis, Napoleon bonaparte (1769-1821). Nama ini merupakan perubahan bentuk dari nama Italia Napoli ‘Naples’ (Yunani: nea polis ‘kota baru’) dan leone ‘singa’
1109. Narcissus ((Sejarah) artinya Bentuk Latin dari nama Yunani Narkissos. Dalam mitologi klasik, Narcissus adalah seorang pemuda tampan yang jatuh cinta dengan bayangannya sendiri yang terpantul di air kolam, dan tinggal terpaku disana sampai akhirnya menghilang dan berubah menjadi bunga
1110. Nat ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Nathan dan Nahaniel
1111. Nathan ((Sejarah) artinya Nama Kristiani yang berarti ‘Tuhan telah memberukan’ dalam bahasa Yahudi. Merupakan nama seorang nabi yang berani mencela Raja David karena merencanakan kematian Uriah sang Hitite dalam pertempuran, untuk merebut istrinya, Bathsheba. (Nathen)
1112. Nathaniel ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Perjanjian Baru, yang berasal dari bentuk Yunani dari nama Yahudi ‘Tuhan telah memberikan’. Merupakan nama salah satu pengikut dari Kristus.
1113. Neal ((Sejarah) artinya Bentuk lain dari Neil
1114. Ned ((Sejarah) artinya Bentuk pendek dari Edward. Nama ini umum dipakai di abad pertengahan sampai abad 18
1115. Neil ((Sejarah) artinya Bentuk Inggris dari nama Gael yang populer, Niall. Sejak abad pertengahan, nama ini banyak ditemukan di Irlandia, dan Highland-Skotlandia, juga perbatasan Inggris-Skotlandia. (Neal, Nigel)
1116. Nelson ((Sejarah) artinya Merupakan nama dari abad pertengahan, patronimik dari nama Neil dan matronimik dari nama Nell. Juga digunakan sebagai penghormatan untuk laksamana Inggris Lord Nelson (1758-1805). Sekarang diasosiasikan dengan nama Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela
1117. Neo ((Sejarah) artinya Nama modern, berasal dari bahasa Yunani neo ‘baru’. Mungkin juga berasal dari Afrika, dari bahasa Tsawana yang berarti ‘hadiah’
1118. Nestor ((Sejarah) artinya Umumnya di Amerika; merupakan nama dalam legenda klasik yaitu seorang pemimpin pasukan Yunani di Troy. Kemungkinan berasal dari bahasa Yunani nostos ‘reuni’
1119. Neville ((Sejarah) artinya Nama di periode kebangsawanan Normandia yang diambil dari beberapa tempat di Normandia yang disebut Néville atau Neuville ‘pemukiman baru’.
1120. Newton ((Sejarah) artinya Merupakan nama lokal untuk beberapa tempat, yang berasal dari bahasa Inggris Kuno n?owe ‘baru’ + t?n ‘pemukiman’. Pembawa nama ini yang terkenal adalah Sir Isaac Newton (1642-1727) ilmuwan Inggris.

Nama Bayi Laki Laki Sejarah hlm ke 7

To top