Nama Bayi Laki Laki Asal Bahasa Dan Artinya

Contoh Nama Bayi Laki-Laki Keturunan Dayak yang Perlu Kamu Tahu!

Nama Bayi Laki-Laki Keturunan Dayak

Nama Bayi Laki-Laki Keturunan Dayak – Bayilelakiku.com – Indonesia merupakan negara yang multikultural atau bisa disebut dengan beraneka ragam budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Yang tentu saja berbeda-beda etnis yang hidup rukun berdampingan selama ini. Tidak banyak yang orang ketahui itu berpengaruh untuk identitas satu sama lain. Seperti ada nama jawa nama sunda batak dan lain-lain. Berikut merupakan contoh nama bayi laki-laki keturunan dayak yang mungkin dijadikan informasi untuk anda:

Nama Bayi Laki-Laki Keturunan Dayak

1. Ampong Binti Dehen

Ampong memiliki arti sebagai seorang laki-laki keturunan dayak yang gagah berani serta tahan banting. Binti berarti seorang anak laki-laki yang selalu bersama dengan Tuhan, atau bisa disebut dengan seseorang yang selalu ingat kepada Tuhan. Dehen sendiri dapat diartikan sebagai seorang laki-laki yang mempunyai rasa keadilan yang tinggi. Jadi, contoh nama bayi laki-laki keturunan dayak tersebut berarti seorang laki-laki yang kuat raganya (tahan banting), selalu ingat kepada Tuhannya dan mempunyai rasa keadilan yang tinggi kepada sekitarnya.

2. Djata Ekot Hanyi

Djata memiliki arti seorang laki-laki keturunan dayak yang mempunyai keteguhan hati serta kebijaksanaan. Ekot sendiri mempunyai arti seorang laki-laki yang punya wibawa yang tinggi. Hanyi sendiri berarti seorang anak laki-laki yang telah dilahirkan ke dunia karena anugerah dari Tuhan. Jadi, nama tersebut mempunyai arti seorang anak laki-laki yang di anugerahkan Tuhan untuk mempunyai kehormatan dalam lingkungannya karena sifatnya yang teguh dan bijaksana.

3. Labih Nanjan Mantikei

Labih bermakna seorang anak laki-laki keturunan dayak yang mempunyai hati yang luas. Nanjan sendiri memiliki arti seorang anak laki-laki yang kuat raganya, yang tidak mudah gentar hatinya. Mantikei sendiri merupakan legenda dikalangan suku dayak yang berarti besi yang lentur, disini dapat menggambarkan kekuatan dan keluwesan yang berbarengan. Jadi, contoh nama bayi laki-laki keturunan dayak tersebut berarti seorang anak laki-laki yang mempunyai hati yang luas (legowo), tapi juga memiliki fisik yang kuat serta sifat yang bijaksana.

4. Menteng Rumbun Simpei

Menteng mempunyai arti seorang anak laki-laki keturunan dayak yang berarti manfaat bagi orang banyak. Rumbun memiliki arti mempunyai pikiran atau wawasan yang luas. Simpei berarti seseorang yang tegas. Jadi, nama di atas berarti seorang laki-laki yang mempunyai wawasan yang luas dan tegas sehingga dapat memberi manfaat bagi orang banyak.

5. Mantir Sipet Harati

Mantir memiliki arti seorang laki-laki yang memiliki ras dayak murni tanpa pengaruh orang Banjar. Sipet memiliki arti seorang anak laki-laki yang dapat beradaptasi dengan cepat. Harati sendiri berarti seseorang yang mempunyai kepintaran atau cerdas. Jadi, nama bayi laki-laki keturunan dayak tersebut bermakna seorang anak laki-laki murni asal suku dayak yang supel dan cerdas.

6. Purok Mamut Hanjak

Purok memiliki arti seorang anak laki-laki keturunan dayak yang memiliki kekuasaan. Mamut sendiri memiliki arti seseorang yang mempunyai pangkat yang tinggi di masyarakat. Sedangkan Hanjak memiliki arti seseorang yang gembira atau memiliki sifat periang. Jadi, nama tersebut memilki arti seorang anak laki-laki yang memiliki kekuasaan dan pangkat serta memiliki sifat yang periang.

Itulah beberapa nama bayi laki-laki keturunan dayak yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi bagi orang tua yang ingin menamai buah hatinya dengan tradisi dayak. Dayak sendiri merupakan suku yang masih bertahan dari gempuran teknologi ini masih memegang erat tradisinya. Nama-nama khas suku dayak menjadi simbol sekaligus pembuktian bahwa suku dayak masih menjaga tradisi leluhurnya dengan membekali keturunan mereka dengan menjaga nama-nama anak mereka.

Demikian beberapa nama bayi laki-laki keturunan dayak yang bisa kami ulas di artikel ini. Semoga contoh nama – nama di atas dapat membantu anda yang sedang ingin mencari nama asli suka Dayak.

To top